Translate

Tuesday, September 23, 2014

menjaga kesehatan paru - paru dalam tubuh

 Selain jantung, paru-paru adalah salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh manusia. Paru-paru mempunyai fungsi utama sebagai tempat pergantian udara dalam tubuh. 



Seperti dilansir dari mindbodygreen.com, kesehatan kulit dan kekebalan tubuh Anda sangat bergantung pada kesehatan paru-paru Anda. Jaringan paru-paru sangat halus dan rentan terhadap iritasi terutama udara yang dingin.
Berikut adalah beberapa tips mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Mengurangi paparan zat klorinZat klorin tidak hanya datang dari makanan yang kita konsumsi, namun bisa juga datang dari udara yang kita hirup. Zat klorin banyak terdapat di dalam air keran yang kita pakai sehari-hari. Oleh karena itu untuk mengurangi dampak klorin, Anda dapat memasang filter di keran air Anda.

Hindari makanan pencetus lendirApabila banyak ditemukan lendir dalam paru-paru, maka kapasitas udara yang disimpan dalam paru-paru akan lebih sedikit. Lendir dapat tercetus karena makanan. Hindarilah mengonsumsi banyak gula dan bahan kimia yang terkandung dalam makanan.

Hindari makanan dan minuman dinginJaringan paru-paru sangat sensitif terhadap sesuatu yang dingin. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan dingin

Mengurangi stresMenurut Louise Hay, seorang penulis buku berjudul Heal Your Body, paru-paru sangat terkait dengan keadaan emosi Anda. Apabila Anda mengalami depresi, ketakutan, dan kesedihan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru Anda. 

Mengoptimalkan bernapas dengan hidungFilter yang terdapat di dalam rongga hidung akan membantu menyaring, melembabkan, dan menghangatkan udara yang Anda hirup. Dengan bernapas melalui hidung, maka udara yang dihirup akan tersaring lebih bersih.
Sebagai salah satu organ vital dalam tubuh, maka merupakan sebuah kewajiban bagi Anda untuk menjaga kesehatan paru-paru. Cobalah untuk menerapkan tips di atas agar paru-paru Anda terhindar dari masalah.


Paru-paru organ paling penting! MenurutMuhammad Ferdyansyah Sechan, S.Si, peneliti dari Nutrifood Research Center, paru-paru adalah salah satu organ manusia yang paling penting. Paru-paru adalah tempat pertukaran oksigen (untuk memproduksi energi) dengan karbon dioksida (hasil pembentukan energi yang harus dikeluarkan dari tubuh). “Menjaga paru-paru tetap sehat berarti menjaga pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh tetap stabil dan mencukupi, sehingga seluruh fungsi tubuh berlangsung normal dan optimal,” jelas Ferdyansyah. Jika pertukaran ini tidak seimbang, tubuh Anda akan merasa lemas dan tidak bertenaga.
Kenali penyebabnya gangguan paru-paru. Dr. Dandan Marthadani, medical advisor PT. Combiphar Indonesia, meyakini ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan gangguan kinerja paru-paru. Misalnya, karena penyakit saat dewasa atau saat baru lahir, adanya trauma pada dada atau cedera kepala, atau keadaan lingkungan seperti polusi udara dan asap rokok. 
  • Polusi udara, berpengaruh pada kesehatan dalam jangka pendek dan panjang. “Efek jangka pendek yang dapat dirasakan adalah iritasi pada mata, hidung dan tengorokan, infeksi saluran napas atas, sakit kepala, mual atau reaksi alergi. Sedangkan efek jangka panjangnya adalah penyakit paru-paru kronis, kanker paru-paru, penyakit jantung, bahkan dapat menyebabkan kerusakan otak, saraf, hati, atau ginjal,” kata Dr. Dandan.
  • Asap rokok. “Komponen yang terkandung dalam asap rokok, seperti radikal bebas, dapat menyebabkan terjadinya kanker paru dan kerusakan pipa saluran napas dan alveoli, seperti emfisema, bronchitis, dan penyakit paru obstruktif kronis,” tambah Dr. Dandan. Rokok juga dapat menyebabkan penyakit pada sistem tubuh yang lain, yaitu jantung dan pembuluh darah, beberapa jenis kanker, dan gangguan kesehatan lain seperti infertilitas, kelahiran prematur, dan lain-lain. Selain itu, rokok juga dikenal sebagai perusak utama paru-paru karena dengan merokok polutan yang masuk ke tubuh jadi lebih terkonsentrasi. 
  • Saat Anda berhenti merokok, sesak napas dan batuk-batuk akan berkurang. Selain itu, juga mencegah kerusakan lebih lanjut pada paru-paru. Dan tingkat perbaikan akibat berhenti merokok jauh lebih baik dibandingkan pengobatan dalam bentuk apa pun.
  • Selanjutnya, cukupi kebutuhan harian vitamin C dan E. Keduanya  merupakan antioksidan alami dalam darah, dan menjadi “pertolongan garis depan” terhadap radikal bebas. Vitamin C banyak terdapat dalam sayur-sayuran (terutama yang berdaun hijau) serta buah-buahan, sementara vitamin E terdapat dalam kacang-kacangan.
  • Tak kalah penting, hindari lemak jenuh. Tak hanya menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung, tapi juga meningkatkan radikal. Selain menjaga kesehatan, pola makan yang sehat dan berimbang juga dapat mencegah kegemukan, yang juga menurunkan kesehatan paru-paru



Hampir setiap hari tubuh kita terkena paparan polusi dari asap rokok, knalpot kendaraan, atau polusi lain yang bisa mengganggu saluran pernapasan. Jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, efeknya sangat tidak menguntungkan bagi saluran pernapasan, terutama paru-paru Anda. Mengapa? 
Berhentilah merokok! Paru-paru adalah tempat berkumpulnya udara yang Anda hirup -mulai dari oksigen, polusi seperti kabut asap (smog), asap kendaraan, asap pabrik, debu, atau asap rokok. Masker mungkin bisa membantu, tapi untuk Anda yang merokok, tak ada solusi terbaik  selain: Berhenti merokok. 

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 FARMASI OBAT HERBAL.

Designed by Templateiy & CollegeTalks