Translate

Wednesday, December 3, 2014

infus Steril Farmasi

            Sediaan steril adalah sediaan terapetis dalam bentuk terbagi – bagi yang bebas dari mikroorganisme hidup. Sterilisasi adalah proses yang dirancang untuk menciptakan keadaan steril. Secara tradisional keaadan steril adalah kondisi mutlak yang tercipta sebagai akibat penghancuran dan penghilangan semua mikroorganisme hidup. Konsep ini menyatakan bahwa steril adalah istilah yang mempunyai konotasi relative, dan kemungkinan menciptakan kondisi mutlak bebas dari mikroorganisme hanya dapat diduga atas dapat proyeksi kinetis angka kematian mikroba.


         Infus adalah larutan dalam jumlah besar terhitung mulai dari 10 ml yang diberikan melalui intravena tetes demi tetes dengan bantuan peralatan yang cocok. Asupan air dan elektrolit dapat terjadi melalui makanan dan minuman dan dikeluarkan dalam jumlah yang relatif sama. Rasionya dalam tubuh adalah air 57%; lemak 20,8%; protein 17,0%; serta mineral dan glikogen 6%. Ketika terjadi gangguan hemeostatis (keseimbangan cairan tubuh), maka tubuh harus segera mendapatkan terapi untuk mengembalikan keseimbangan air dan elektrolit.


Syarat-syarat sediaan steril antara lain :
1. steril
2. isotonis
3. Isohidris
4. bebas pirogen
5. bebas partikel asing
6. kejernihan
7. Stabil baik secara fisika, kimia, maupun mikrobiologi
8. aman  (tidak toksik)
9. Tidak terjadi reaksi antar bahan dalam formula
10. Penggunaan wadah yang sesuai, sehingga mencegah terjadinya interaksi dengan bahan obat
11.Sesuai antara bahan obat yang ada dalam wadah dengan etiket, dan tidak terjadi pengurangan kualitas selama penyimpanan


Syarat-syarat larutan infus (obat suntik) :
  1. Aman. Tidak boleh menyebabkan iritasi jaringan atau efek toksis
  2. Harus jernih. Berarti tidak ada partikel padat.
  3. Tidak berwarna, kecuali bila obatnya memang berwarna.
  4. Sedapat mungkin isohidris, dimaksudkan agar bila diinjeksikan ke badan tidak terasa sakit dan penyerapannya obat dapat optimal.  Isohidris artinya pH larutan injeksi sama dengan darah dan cairan tubuh lain yaitu pH = 7,4.
  5. Sedapat mungkin isotonis. Dibuat isotonis agar tidak terasa sakit bila disuntikkan. Arti isotonis adalah mempunyai tekanan osmose yang sama dengan darah dan cairan tubuh yang lain. Tekanan osmose cairan-cairan tubuh seperti darah, air mata, cairan lumbal sama dengan tekanan osmose larutan NaCl 0,9%.
  6. Harus steril. Suatu bahan dinyatakan steril apabila sama sekali terbebas dari mikroorganisme hidup yang patogen maupun tidak, baik dalam bentuk vegetatif maupun dalam bentuk tidak vegetatif atau (spora).
  7. Bebas pirogen. Pirogen adalah senyawa kompleks polisakarida dimana mengandung radikal yang ada unsur N, P. Selama radikal masih terikat, selama itu masih dapat menimbulkan demam dan pirogen bersifat termostabil. Sumber pirogen dapat berasal dari aquadest yang dibiarkan lama dan telah tercemar bakteri dari udara. Cara menghilangkan pirogen yaitu larutan injeksi digojog dengan penambahan 0,1% karbo adsorben selama 5-10 menit lalu disaring dengan filter asbes. Ada kerugiannya karena zat obat ikut diserap pada penyaringan. Cara mencegah terjadinya pirogen dilakukan dengan cara : (a) aquadest harus segera digunakan setelah destilasi, (b) pada waktu destilasi jangan ada air yang memercik, (c) alat-alat penampung dan cara menampungnya aquadest harus seaseptis mungkin.

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 FARMASI OBAT HERBAL.

Designed by Templateiy & CollegeTalks