Translate

Sunday, May 4, 2014

PENGANTAR TANAMAN OBAT INDONESIA

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman hayatinya, baik yang terdapat di lautan maupun didaratan. Alam tropis Indonesia telah memberikan kesempatan untuk tumbuhnya berbagai jenis flora, diantaranya berguna sebagai obat-obatan. Awal abad ke – 17, Bontinus (ahli botani/1592-1631) menemukan hampir 60 jenis tanaman yang berkhasiat obat di Indonesia. Penemuan ini dilanjutkan oleh Van Rheede (1637-1691) dan lebih disempurnakan lagi oleh Rumphius yang menghimpunnya dalam buku Herbarium Amboinense. Tanaman obat di Indonesia sejak lama secara turun temurun dipakai untuk
mengobati berbagai penyakit dan telah terbukti keampuhannya.
            Hutan tropis Indonesia memiliki 30.000 dari 40.000 spesies tumbuhan di dunia, dengan 8.000 diantaranya berkhasiat obat. Namun hanya 1.375 jenis diantaranya yang telah diteliti manfaatnya sebagai obat, serta baru 400 jenis yang digunakan. World Health Organitation (WHO) melaporkan 80% orang di dunia sekarang bergantung kepada tanaman obat untuk pemeliharaan kesehatannya. Pemanfaatan tanaman obat ini terus mengalami perkembangan terutama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan alternatif pengobatan yang jauh lebih murah dan aman. Sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menggalakkan potensi penggunaan tanaman obat Indonesia, saat ini 5 produk fitofarmaka telah mendapatkan lisensi sebagai obat tradisional yang mampu bersaing dengan obat-obat modern dengan harga yang jauh lebih terjangkau oleh masyrakat Indonesia. Namun demikian pemanfaatan tanaman obat ini tidak sebanding dengan usaha pembudidayaannya. Pengambilan langsung dari hutan alam dan merebaknya pemukiman juga ekstensifikasi tanaman pangan yang merusak habitat asli tanaman obat menjadi penyebab ancaman kepunahannya.
bersambung…

fsjsff

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 FARMASI OBAT HERBAL.

Designed by Templateiy & CollegeTalks