Translate

Monday, May 12, 2014

ANALISA KUALITATIF IDENTIFIKASI ANION



ANALISA KUALITATIF IDENTIFIKASI ANION

TUJUAN
1.      Mahasiswa mengenal reaksi reaksi identifikasi ANION anion zat anorganik
2.      Mahasiswa dapat menjelaskan perubahan perubahan yang terjadi dalam setiap reaksi identifikasi anion
3.      Mahasiswa dapat menulis persamaan reaksi yang terjadi

LANDASAN TEORI

          Analisa kualitatif : Suatu analisa untuk menentukan macam atau jenis atau komponen-komponen bahan yang dianalisa, analisa ini disebut juga sebagai analisa jenis. Analisa pendahuluan : Suatu tahapan analisa
awal dalam analisa kualitatif, biasanya dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap sifat-sifat fisis sampel. Anion : Ion yang bermuatan negatif, misalnya Cl- , SO4 2-. Indeks bias : Bilangan yang menunjukkan perbandingan sinus sudut datang dengan sinus sudut bias cahaya yang melewati suatu media. Indikator asam-basa : Suatu zat yang mampu berubah warna yang berlainan dengan adanya perubahan Ph. Kation : Ion yang bermuatan positif, misalnya Na+ , Ca2+. Larutan ekstrak soda : Filtart yang diperoleh dari larutan yang dibuat dengan cara memasak sampel dalam larutan jenuh natrium karbonat. Menyublim : Suatu perubahan fasa dari fasa padat ke fasa gas. Metode H2S : Suatu cara penentuan kation dalam analisa kualitatif dengan cara klasifikasi kation-kation terhadap beberapa pereaksi klorida, sulfida dan carbonat. Tes nyala : Suatu tes yang dilakukan dalam analisa kualitatif dengan cara mengamati warna nyala suatu sampel pada suatu pembakar. Titik didih : Suhu dimana tekanan uap zat cair sama dengan tekanan luar di atas permukaan zat cair tersebut. Titik leleh : Suhu diamana keadaan setimbang antara fasa padat dan fasa cair.

Analisis kualtatif mengacu pada seperangkat prosedur laboratorium yang dapat digunakan untuk memisahkan dan menguji adanya ion dalam larutan. Analisis ini berlaku untuk kation dan anion, analisis ini dinamakan analisis kualitatif karena hanya menentukan jenis ion yang ada dalam campuran. Dalam melakukan analisis kualitatif menggunakan seperangkat prosedur yang dinamakan bagan analisis kualitatif. Pendekatan ya ng digunakan untuk memisahkan kation ke dalam goongannya adalah melalui pengendapan. Hasil akhir dari suatu analisa suatu sampel adalah penetapan ada atau tidakin ya masing-masing ion dalam bagan analisis kualitatif (Petrucci, 1992: 352).

ALAT DAN BAHAN

Alat :
1.      Tabung reaksi
2.      Rak tabung reaksi
3.      Corong kaca
4.      Gelas ukur
5.      Beaker glass
6.      Kertas saring
7.      Lampu spiritus, asbes, korek,
8.      Kaki tiga
9.      Penjepit
10.  Pipet tetes
Bahan :
1.       Larutan co32-
2.       Larutan cacl2
3.       Larutan ch3coo-
4.       Larutan fecl3
5.       Larutan nacl
6.       Larutan I-
7.       Larutan cuso4
8.       Akuades

CARA KERJA

1.       TABUNG PERTAMA DIISI dengan 2ml sampel + 2ml cacl2
2.       Tabung 2 diisi dengan 2ml sampel + fecl3
3.       Tabung 3 1g nacl + 10 ml akuades + agno3 2 tetes
4.       0,1 ml sampel + 10 ml akuades +2 ml cuso4

Lakukanlah pengamatan hingga diperoleh hasil pengamatan yang diharapkan

fsjsff

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 FARMASI OBAT HERBAL.

Designed by Templateiy & CollegeTalks