Translate

Monday, May 5, 2014

Pengertian Capsulae ( Kapsul )

Kapsul adalah sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut. Cangkang umumnya terbuat dari gelatin, tertapi dapat juga terbuat dari pati atau bahan lain yang sesuai.
1.      Berdasarkan bentuknya kapsul dalam farmasi dibedakan menjadi dua yaitu:
·         Kapsul keras (capsulae durae, hard capsul)
·         Kapsul lunak (capsulae molles, soft capsul)
Kapsul cangkang lunak yang dibuat dari gelatin (kadang-kadang disebut gel lunak) sedikit
lebih tebal dibanding kapsul cangkang keras dan dapat diplastisasi dengan penambahan senyawa poliol, seperti sorbitol atau gliserin.
Kapsul lunak dapat mengandung pigmen atau pewarna bahan opak seperti Titanium dioksida, pengawet, pengharum dan pemanis (sukrosa 5%). Cangkang gelatin lunak umumnya mengandung air 6-13%. Umumnya berbentuk bulat atau silindris atau bulat telur (disebut pearles atau globula).
2.      Macam-macam kapsul berdasarkan ukuran
Ukuran kapsul menunjukkan ukuran volume dari kapsul dan dikenal 8 macam. Ukuran yang dinyatakan dalam nomer kode 000 ialah ukuran terbesar, dan 5 ukuran terkecil.
Ukuran kapsul : 000; 00; 0; 1 ;2; 3; 4; 5
3.      Cara pengisian kapsul
Ada 3 macam cara pengisian kapsul yaitu:
a.       dengan tangan
b.      dengan alat bukan mesin
c.       dengan alat mesin
Cara pengisian kapsul dengan tangan : terlebih dahulu serbuk dibagi sesuai dengan yang dikehendaki kemudian dimasukkan dalam cangkang dengan ukuran yang sesuai.
4.      Cara membersihkan kapsul
Salah satu tujuan dari pemberian obat berbentuk kapsul adalah untuk menutup rasa dan bau yang tidak enak dari bahan obatnya. Sesuai dengan tujuan tersebut maka bagian luar dari kapsul harus bebas dari sisa bahan obat yang mungkin menempel pada dinding kapsul. Untuk itu kapsul perlu dibersihkan dahulu. Kapsul harus dalam keadaan bersih sebelum diserahkan kepada pasien, terutama untuk kapsul yang dibuat dengan tangan. Cara membersihkan kapsul adalah dengan meletakkan kapsul di atas sepotong kain (linen, woll) kemudian digosokkan sampai bersih atau dengan kapas yang dibasahi alkohol 96%.
5.      Pengisian cairan ke dalam kapsul
Untuk cairan-cairan seperti minyak-minyak lemak dan cairan lain yang tidak merusak gelatinnya (bahan pembuat cangkang kapsul) dapat langsung dimasukkan dengan pipet yang telah ditara. Sesudah itu tutup kapsul harus ditutup (diseal) supaya cairan yang ada didalamnya tidak bocor atau keluar.
Untuk cairan-cairan seperti minyak menguap, kreosot atau alkohol yang akan bereaksi dengan gelatinnya hingga rusak/meleleh, harus diencerkan terlebih dahulu dengan minyak lemak sampai kadarnya di bawah 40% sebelum dimasukkan ke dalam kapsul. Kapsul diletakkan dalam posisi berdiri pada sebuah kotak, kemudian cairan kita teteskan dengan pipet yang sudah ditara dengan tegak lurus, setelah itu ditutup dan dibersihkan.
Contoh kapsul : Ponstan 250mg kapsul, Sangobion kapsul, Hemaviton soft capsul.

fsjsff

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 FARMASI OBAT HERBAL.

Designed by Templateiy & CollegeTalks